Senin, 16 Maret 2015

100 teori pengelolaan sumberdaya alam


PENGOLOLAAN SUMBER DAYA ALAM

1.        Cara penggunaan sumber daya alam oleh manusia yang dapat dipertanggungjawabkan dengan cara sebagai berikut.
a.         Selektif, yaitu memilih, menggunakan, dan mengusahakan sumber daya alam dengan sungguh-sungguh untuk kepentingan kehidupan.
b.         Menjaga kelestarian. Untuk menggali dan mengolah sumber daya alam perlu menggunakan teknologi maju sehingga memungkinkan terpeliharanya kelestarian.
c.         Menghemat. Perlu dihindarkan pemborosan dalam mengolah sumber daya alam.
d.        Memperbarui.
2.        Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Disebut sumber daya alam yang dapat diperbarui, sebab alam mampu mengadakan pembentukan sumber daya alam baru dalam waktu relatif cepat. Dengan demikian sumber daya alam ini tidak habis.
3.        Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam alami yang dapat diperbarui, tetapi pelestariannya tergantung kepada manusia. Dalam memanfaatkan sumber daya alam hayati terdapat dua pilihan, yaitu mengambil hasil dengan memikirkan kelestariannya atau mengambil hasil sebanyak mungkin tanpa memikirkan kelestariannya.
4.        Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui terdapat dalam jumlah yang relatif tetap sebab tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat dibanding dengan umur manusia. Pembentukannya kembali memerlukan waktu ratusan bahkan jutaan tahun. Akibatnya pemakaian yang terus-menerus akan menyebabkan sumber daya alam ini dapat habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, dan mineral-mineral. 
5.        Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik).
6.        Sumber Daya Alam Menurut Suryanegara (1977) mengatakan bahwa secara definisi sumber daya alam adalah unsur - unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup. 
7.        Katili (1983) mengemukakan bahwa sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.  
8.        Sumber Daya Alam Menurut Ireland 1974 dalam soerianegara, 1977, adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
9.        Sumber Daya Alam Menurut Isard (1972 dalam Soerianegara, 1977) mendefinisikannya sebagai keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya
10.    Menurut Nurmala Dewi, pengertian sumber daya alam (Natural Resources) adalah semua kekayaan bumi baik yang bersifat biotic ataupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.
11.    Menurut Joffe dan Marbut tanah adalah tubuh alam tau di sebut juga natural body, yang terbentuk dan berkembang sebagai akibat dari bekerjanya gaya-gaya alam (natural forces) terhadap bahan-bahan material alami (natural material) yang ada di permukaan bumi.
12.    Deskripsi atau gambaran tentang tanah yaitu :
a.       Tanah terbentuk atau berkembang dari serangkaian proses-proses alami yang terjadi di alam.
b.      Tanah atau tubuh alam ini secara alami terbagi menjadi lapisan-lapisan mineral ataupun bahan organik tanah. Setiap lapisan memiliki kedalaman yang beragam.
c.       Lapisan-lapisan mineral dan bahan organik tanah yang terbentuk ini memiliki sifat yang sangat berbeda dengan bahan induk tanah, baik sifat morfologi, kimia, fisik maupun biologi tanahnya.
13.    Menurut schoeder (1972), tanah adalah suatu system tiga fase yang mengandung air, udara, bahan-bahan minera, dan organic serta jasad-jasad hidup, yang oleh karena adanya barbagai factor alam dan lingkungan terhadap permukaan bumi dalam kurun waktu yang lama, dapat membentuk berbagai perubahan yang kemudia tanah tersebut memiliki cirri-ciri morfologi yang khas. Kemudian system tersebut berperan menjadi tempat tumbuh dan berkembang berbagai macam tanaman.
14.    Tanah berperan penting bagi kehidupan manusia, hal ini di sebabkan karena tanah :
a.       Digunakan untuk tempat tinggal dan tempat melakukan semua kegiatan manusia
b.      Sebagai tempat berkembangnya hewan yang sangat berguna bagi manusia
c.       Sebagai tempat vegetasi yang sasngat berguna bagi kepentingan hidup manusia
d.      Mengandung barang tambang dan bahan galian yang berguna bagi manusia.
e.       Peyedia kebutuhan primer tanaman air,udara dan unsur-unsur hara
f.       Penyedia kebutuhan sekunder tanaman (zat-zat pemacu tumbuh: hormon, vitamin, dan asam-asam organik; antibiotik dan toksin anti hama; enzim yang dapat meningkatkan kesediaan hara)
g.      Sebagai habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negatif karena merupakan hama & penyakit tanaman.
15.    Tanah merupakan suatu gejala alam permukaan daratan yang membentuk suatu zone dan biasa disebut pedosfer, tersusun atas bahan lepas berupa pecahan dan lapukan batuan bercampur dengan bahan organik (Notohadiprawiro, 1993).
16.    Dokuchaiev (1870) dalam E-dukasi.net mengatakan bahwa tanah adalah suatu benda fisis yang berdimensi tiga terdiri dari panjang, lebar, dan dalam yang merupakan bagian paling atas dari kulit bumi dan mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahan yang ada di bawahnya sebagai hasil kerja interaksi antara iklim, kegiatan oganisme, bahan induk dan relief selama waktu tertentu.
17.    Sumber air permukaan tidak hanya sumber air tawar, tetapi juga termasuk laut yang merupakan air asin. Air permukaan meliputi sungai, danau, rawa, daerah aliran sungai (DAS), teluk, selat, dan lautan.
18.    Sungai adalah lembah memanjang yang menjadi tempat mengalirnya air darat menuju laut atau danau. Terjadinya sungai diakibatkan oleh adanya air yang mengalir terus-menerus sehingga tempat aliran tersebut lama-kelamaan makin dalam dan lebar. Potensi sungai sebagai irigasi pertanian, pembangkit listrik tenaga air, sebagai sarana transportasi.
19.    Danau adalah tempat berkumpulnya air dan pada umumnya letaknya lebih rendah daripada daerah sekitarnya. Danau di Indonesia dapat dikelompokkan sebagai berikut. Danau tektonik adalah danau yang terbentuk karena suatu tenaga bumi, yaitu tenaga tektonik akibat adanya pergeseran atau retakan pada lapisan batu-batuan. Tenaga itu menyebabkan terjadinya suatu cekungan yang berisi air. Misalnya, danau poso di Sulawesi Tengah, kemudian danau vulkanis yang terjadi karena adanya gunung api yang meletus dan mengeluarkan ekshalasasi.
20.    DAS adalah wilayah tampungan air yang masuk kedalam wilayah air sungai. Batas wilayah DAS diukur dengan cara menghubungkan titik-titik tertinggi diantara wilayah aliran sungai yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, DAS di Indonesia kini kebanyakan terpusat pada banjir yang berulang-ulang menimpa areal yang cukup luas contoh di sebagian daerah di Jakarta, serta pada daerah bawah. 
21.    Laut adalah bagian permukaan bumi yang berupa massa air asin dalam jumlah yang banyak dan menggenang pada lahan yang luas. Laut yang sangat luas disebut lautan atau samudera, sedangkan laut sempit yang memisahkan dua pulau disebut selat.
22.    Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal (5) menyebutkan: “sumber daya alam adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan sumber daya buatan”.
23.    Sumber daya alam materi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
24.    Sumber daya alam energi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya.
25.    Sumber daya alam ruang; merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
26.    Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dankincirangin.
27.    Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.
28.    Sumber daya alam menurut Katili (1983) adalah semua unsur tata lingkungan yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.
29.    sedangkan menurut Ireland (1974) sumber daya alam adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
30.    Suryanegara (1977) mengatakan bahwa secara definisi sumber daya alam adalah unsur - unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.
31.    Faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan sumber daya alam Indonesia antara lain sebagai berikut :
a.       Wilayah Indonesia terletak di wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan keanekaragaman jenis tumbuhan dapat tumbuh dengan subur. Oleh sebab itu, Indonesia kaya berbagai jenis tumbuhan.
b.      Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dengan pegunungan nuda.
c.       Wilayah laut Indonesia kaya akan berbagai macam sumber daya nabati, hewani, mineral, contohnya ikan laut, rumput laut, mutiara dan tambang minyak bumi.


32.    Pemanfaatan sumber daya alam nabati, antara lain :
a.       Sebagai sumber bahan pangan
b.       Sebagai sumber sandang, seperti : kapas
c.        Sebagai tanaman hias.
33.    Pemanfaatan sumber daya alam hewani, antara lain :
a.       Sebagai sumber bahan pangandan sumber sandang.
b.       Sebagai benda-benda hasil seni dan kerajinan tangan manusia.
c.       Meningkatkan nilai kehidupan dan nilai budaya manusia.
34.    Pemanfaatan sumber daya alam barang tambang antara lain :
a.       Minyak bumi, digunakan untuk bahan bakar kendaraan, tenaga penggerak mesin pabrik, penerangan tanah.
b.       Gas alam, digunakan untuk bahan bakar rumah tangga dan industri.
c.       Batu bara, digunakan untuk bahan bakar pemberi tenaga dan bahan mentah untuk cat, obat-obatan, wangi-wangian, bahan peledak dan lain sebagainya.
35.    Pedosfer atau tanah adalah lapisan kulit bumi yang tipis terletak di bagian paling atas permukaan bumi. Tanah merupakan suatu gejala alam permukaan daratan yang membentuk suatu zone dan biasa disebut pedosfer, tersusun atas bahan lepas berupa pecahan dan lapukan batuan bercampur dengan bahan organik (Notohadiprawiro, 1993).
36.    Dokuchaiev (1870) dalam E-dukasi.net mengatakan bahwa tanah adalah suatu benda fisis yang berdimensi tiga terdiri dari panjang, lebar, dan dalam yang merupakan bagian paling atas dari kulit bumi dan mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan bahan yang ada di bawahnya sebagai hasil kerja interaksi antara iklim, kegiatan oganisme, bahan induk dan relief selama waktu tertentu.
37.    Sitorus (2001) mendefinsikan sumberdaya lahan (land resources) sebagai lingkungan fisik terdiri dari iklim, relief, tanah, air dan vegetasi serta benda yang ada di atasnya sepanjang ada pengaruhnya terhadap penggunaan lahan.
38.    Oleh karena itu sumberdaya lahan dapat dikatakan sebagai ekosistem karena adanya hubungan yang dinamis antara organisme yang ada di atas lahan tersebut dengan lingkungannya (Mather, 1986).
39.    Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia  pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, sepertihewan ,tumbuhan  dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik seperti,minyak bumi, gas alam, berbagai jenis, logam, air dan tanah .
40.    Sumber daya tanah adalah sumber yang berasal dari tanah atau sumber daya material yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan demi kesejahteraan manusia.
41.    Sumber daya tanah mempuyai sifat antara lain;
a.       Sumber daya tanahnya mempunyai jenis tanah yang berbeda antara daerah yang stu denga daerah yang lain.
b.      Sangat ketergantungan pada pengolahan .
c.       Sumber daya tanah bersifat tidak akan habis .

42.    Berikut manfaat sumber daya tanah untuk kehidupan,  yaitu;
a.       Penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dan seimbang.
b.      Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dan organisme lain.
c.       Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan. Tanah merupakan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan kegiatannya. Di dalam tanah, hidup pula berbagai organisme tanah, misalnya cacing tanah.
d.      Sumber bahan baku barang kerajianan atau perabot rumah tangga. Kandungan tanah liat dapat di manfaatkan manusia untuk membuat batu bata, barang-barang seni dan kerajinan, maupun alat-alat rumah tangga. Tanah liat juga dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan baku genteng penutup atap rumah atau bangunan.
e.       Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
f.       Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan Misalnya; Rumah, lahan pekarangan , hotel dll. 
g.      Mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.
misalnya; berguna sebagai bahan untuk pembuatan rumah.
h.      Dengan mengetahui ke 7 manfaat sumberdaya tanah ini, kita dapat menjaga dan melestarikannya serta menghindari pencemaran.
i.        Dapat digunakan untuk kelangsungan hidup manusia misalnya; untuk pertanian, daerah industry bahan baku tanah , daerah pemukiman, jalan untuk  transportasi, daerah rekreasi, perkebunan dll.
43.    Dampak positif dari sumber daya tanah;
a.       Sebagai Sumber barang kerajinan dan bahan baku dalam pembuatan rumah atau bangunan, misalnya digunakan untuk pembuatan batu bata, keramik, gerabah,dll.
b.      Untuk penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dan seimbang.
c.       Sebagai Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dan organisme lain.
d.      Sebagai habitat hidup dan melakukan kegiatan. Tanah merupakan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan kegiatannya. Di dalam tanah, hidup pula berbagai organisme tanah, misalnya cacing tanah.
e.       Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
f.       Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan Misalnya; Rumah, lahan pekarangan , hotel dll. 
g.      Mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.
44.    Dampak negatif dari sumber daya tanah:
a.       Bila sumber daya tanah digunakan secara berlebihan maka akan menyebabkan tanah menmjadi labil atau rusak.
b.      Bila penggunaan sumber daya tanah berlebihan maka akan mengakibatkan pencemaran tanah. Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).
45.    Dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran tanah Pada kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi.
46.    Dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran tanah Pada Ekosistem Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan, yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut.
47.    Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Ada dua jenis remediasi tanah, yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan bioremediasi.
48.    Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air).
49.    Udara adalah campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara bumi yang kering mengandung 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas-gas lain. Udara akan berubah sesuai dengan ketinggiannya.
50.    Lapisan udara yang mengelilingi bumi berisi campuran gas yang terdiri dari Atmosfer yang merupakan lapisan udara tersusun atas 78 % nitrogen (N2),21% oksigen (O2), 0,9% argon (Ar), 0.03 karbondioksida (CO2), dan sisanya adalahgas-gas lain seperti helium (He), hidrogen (H2), xenon (Xe), ozon (O3), uap air sertapartikel-partikel kecil debu yang disebut aerosol.
51.    Menurut Worls Resources Institute, Indonesia kehilangan 72% hutan alam yang areal hutannya menurun rata-rata 3,4 juta hektar pertahun. Kawasan hutan di Indonesia menurun dratis dari 144 juta hektar (tahun 1950) menjadi hanya sekitar 92,4 juta hektar (1999).
52.    Berbagai program pencegahan dan penanggulangan pencemaran udara termasuk upaya pemulihan mutu udara misalnya Program Langit Biru (KEP- 15/MENLH/4/1996) telah dilakukan. Demikian juga terbitnya berbagai Undang- Undang dan peraturan pemerintah tentang lingkungan hidup termasuk pencemaran udara di Indonesia, itu artinya Indonesia sebenarnya telah mempunyai acuan dan rujukan formal dalam menetapkan kebijakan pengendalian pencemaran udara agar tetap berada pada batas kualitas nilai baku mutu udara ambien yang sehat.
53.    Udara terdiri atas tiga unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Udara kering merupakan unsur utama pembentuk udara, terdiri atas nitrogen, oksigen, dan lainlain. Sebagian besar unsur penyusun udara kering adalah nitrogen, kemudian berikutnya oksigen dan sejumlah unsur lainnya yang persentasenya kecil. Walaupun volumenya kecil, tetapi unsur-unsur itu memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
54.    Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagimanusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian,industri, rumahtangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan.
55.    Air permukaan adalah air yang terdapat di sungai, danau, atau rawa air tawar. Air permukaan secara alami dapat tergantikan dengan presipitasi dan secara alami menghilang akibat aliran menuju lautan, penguapan, dan penyerapan menuju ke bawah permukaan.Meski satu-satunya sumber alami bagi perairan permukaan hanya presipitasi dalam area tangkapan air, total kuantitas air dalam sistem dalam suatu waktu bergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor tersebut termasuk kapasitas danau, rawa, dan reservoir buatan, permeabilitas.
56.    Sungai merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain.
57.    Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut adalah merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin.
58.    Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.
59.    Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.
60.    Waduk adalah kolam besar tempat penyimpanan air sediaan untuk berbagai kehidupan.
61.    Air tanah dangkal Air freatis adalah air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air tidak jauh dari permukaan tanah.Air freatis sangat dipengaruhi oleh resapan air di sekelilingnya.
62.    Air tanah dalam Air artesis adalah air tanah yang terletak jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan kedap air.Lapisan di antara dua lapisan kedap air tersebut disebut lapisan akuifer. Lapisan tersebut banyak menampung air.
63.    Berikut adalah manfaat sumber daya air sebagai pendukung kehidupan.
a.       Sumber bahan pangan. Manusia dan hewan dapat memperoleh sumber makanan dari perairan, seperti berbagai jenis ikan, rumput laut, kepiting, udang, kereang dan lainnya.
b.      Prasarana lalulintas air antar pulau atau antarbenua. Wilayah yang didominasi oleh perairan sangat bergantung pada lalulintas air, seperti adanya sungai atau laut inilah hubungan antar wilayah dapat erjalin.
c.       Fungsi energi seperti pembangkit tenaga. Pergerakan air pasang dan surut dapat menghasilkan energi listrik. Selain itu, arus laut dapat dimanfaatkan ebagai energi pendorong perahu secara alami.
d.      Fungsi rekreasi. Kondisi pantai, danau, dan lau yang indah dan bersih difungsikan sebagai objek wisata.
e.       Fungsi pengaturan iklim. Perbedaan sifat fisik air laut dan daeratan dapat memengaruh gereakan udara (angin). Hal ini selanjutnya memanaskan perairan dan mengakibatkan penguapan kemudian turun sebagai hujan.
f.       Sebagai tempat usaha perikanan. Manusia memanfaatkan perairan sebagai usaha perikanan, seperti tambank udang, pengembangbiakan kerang mutiara dan sejenisnya.
g.      Sumber mineral, seperti garam, kalium karbonat, dan sejenisnya
h.      Sumber bahan tambang, seperti minyak bumi, timah, gas alam, dan sejenisnya.
64.    Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.
65.    Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.
66.    Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.
67.    Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas.
68.    Sebagai fungsi ekologis, hutan menghisap karbon dari udara dan mengembalikan oksigen (O2) kepada manusia. Hutan melakukan penyaringan udara yang kotor akibat pencemaran kendaraan bermotor, pabrik - pabrik, usaha - usaha pertambangan, aktivitas rumah tangga masyarakat, maka hilangnya hutan berarti bumi tidak memiliki keseimbangan untuk mempertahankan keseimbangan atas tersedianya oksigen yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup dalam melaksanakan proses respirasi ( pernapasan ).
69.    Sebagai fungsi ekonomis, manusia telah memanfaatkan hutan dari generasi ke generasi. Pemanfaatan yang dikenal manusia dari hutan adalah pengambilan hasil hutan, terutama kayu.
70.    Hal-hal yang sering menjadi penyebab kebakaran hutan antara lain sebagai berikut:
a.       Musim kemarau yang sangat panjang.
b.      Meninggalkan bekas api unggun yang membara di hutan.
c.       Pembuatan arang di hutan.
d.      Membuang puntung rokok sembarangan di hutan.
71.    Sementara itu, selain kebakaran hutan Sumber-sumber kerusakan hutan lainnya adalah :
a.       Alih fungsi dan penyerobotan kawasan hutan
b.      Bencana alam misalnya kebakaran, letusan gunung berapi, angin dan sebagainya
c.       Penebangan (legal) yang berlebihan dan penebangan ilegal
d.      Hama dan penyakit
72.    Soekotjo dan Hani’in (1999) Kriteria kerusakan hutan dapat mengacu pada akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan tersebut terhadap :
a.       Keanekaragaman hayati
b.      Produktivitas dan vitalitas hutan
c.       Margasatwa
d.      Aestetik dan lain sebagainya.
73.    Hutan adalah salah satu komponen lingkungan yang banyak member manfaat kepada kebutuhan hidup manusia.
74.    Hutan merupakan salah satu sumberdaya alam terpenting yang perlu mendapatkan perhatian khusus, mengingat hutan adalah kekayaan alam yang dikuasai oleh negara sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945, bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya untuk kemakmuran rakyat.
75.    Hutan secara konsepsional yuridis dirumuskan di dalam Pasal 1 Ayat (1) Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Menurut Undang-undang tersebut, Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan, yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan.
76.    Pemerintah menetapkan hutan berdasarkan fungsi pokok sebagai berikut:
a.       hutan konservasi,
b.      hutan lindung, dan
c.       hutan produksi.
77.    Hutan produksi adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok memproduksi hasil hutan.
78.    Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah. kendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.
79.    Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.
80.    Kawasan hutan suaka alam adalah hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya, yang juga berfungsi sebagai wilayah sistem penyangga kehidupan.
81.    Menurut www.answers.com. , hutan diartikan sebagai1.Suatu pertumbuhan pohon tebal/padat, tumbuhan  dan belukar yang mencakup suatu area besar. 2. Sesuatu yang menyerupai suatu pertumbuhan pohon besar, yang padat.
82.    Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan.
83.    Hutan Produksi / Hutan Industri yaitu adalah hutan yang dapat dikelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi.
84.    Sumber daya alam hutan adalah segala potensi yang terkandung dalam hutan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan makhluk hidup yang ada di bumi.
85.    Upaya mengatasi kerusakan hutan:
a.       Masyarakat harus sadar akan dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan hutan.
b.      melakukan . penebangan hutan.
c.       Melakukan tindakan yang memotivasi warga untuk bertanggung jawab terhadap . lingkungan hidup.
d.      Menetapkan peraturan-peraturan tentang yang mengatur penebangan hutan.
e.       Mengadakan pengawasan,pengendalian, dan pengelolaan hutan.
f.       Mengeluarkan Undang-undang tentang lingkungan hidup. Misalnya Undang-undang
86.    Laut teritorial adalah wilayah kedaulatan suatu negara pantai, meliputi ruang udara serta dasar laut dan tanah dibawahnya. Lebar Laut teritorial tidak melebihi 12 mil laut diukur dari garis pangkal.
87.    Potensi sumber daya perikanan laut di Indonesia terdiri dari sumberdaya perikanan palagis besar ( 451.830 ton/tahun) dan pelagis kecil (2.423.000 ton/ tahun), sumberdaya perikanan 3.163.630 ton/ tahun,udang 100.720 ton/tahun, ikan karang 80.082 ton/tahun dan cumi – cumi 328.960 ton/tahun. Dengan demikian secara nasional potensi lestari ikan laut sebesar 6,7 juta ton/tahun dengantingkat pemanfaatan mencapai 48% ( Dirjen Perikanan 1995).
88.    Mineral adalah suatu zat padat yang terbentuk di alam, berupa elemen, atau senyawa kimia, dan menjadi penyusun atau pembentuk bagian padat alam semesta. Batuan, yang menjadi penyusun ke-rakbumi, sesungguhnya tersusun oleh mineral-mine- ral.
89      Ada 7 mineral, atau kelompok mineral yang men-jadi penyusun utama batuan, yaitu :
a.       Kuarsa,
b.       Feldspar,
c.       Feldspatoid (feldspathoid),
d.       Piroksen (pyroxene), .
e.       Horenblende (hornblende),
f.       Biotit, dan
g.       Olivin.
90.    Sumber daya mineral atau yang lebih dikenal dengan bahan galian mengandung arti bahan yang dijumpai di dalam baik berupa unsur kimia, mineral, bijih ataupun segala macam batuan.

91.    Usaha pertambangan dan bahan galian dalam pembangunan Indonsia mempunya peranan diantaranya:
a.       Menambah pendapatan negara/devisa negara.
b.      Memperluas lapangan pekerjaan.
c.       Memajukan bidang transfortasi dan komunikasi.
d.      Memajukan industri dalam negeri.
92.    Minyak bumi berasal dari mikroplankton (ganggang) yang terdapat di danau, teluk, rawa, dan laut yang dangkal. Sesudah mati, mikroplankton berjatuhan dan mengendap di dasar-dasar kemudian bercampur dengan lumpur sapropelium.
93.    Gas alam merupakan campuran beberapa hidro karbon dengan kadar karbon yang kecil, terutama metan, propan dan butan yang digunakan sebagi bahan bakar.
94.    Tanah liat merupakan tanah yang mengandung lempung (65%), butir-butirnya sangat halus sehingga rapat dan sulit menyerap air. Persebaran tanah liat ini terdapat di dataran rendah seperti di Pulau Jawa.
95.    Kaolin yang disebut oleh masyarakat tanah lempung putih atau tanah liat putih merupakan endapan residual atau dapat pula terjadi sebagai akibat proses pelapukan dan hydrothermal alterasi pada batuan beku yang banyak mengandung feldspar dimana mineral potassium alumunium silikat dan feldspar dirubah menjadi kaolin.
96.    Batu kapur terbentuk dari pelapukan makhluk hidup laut, seperti karang dan sarang binatang laut. Batu kapur ini banyak terdapat di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.
97.    Pasir besi berasal dari batuan pasir yang banyak mengandung zat besi. Persebaran pasir besi yaitu di pantai seltan Wates, Kulon Progo bagian barat sampai ke timur Cilacap (Pulau Jawa).
98.    Batu aji/batu akik merupakan mineral yang cukup keras. Warna batu aji ini bermacam-macam seperti merah, hijau, biru, ungu, putih, kuning dan hitam.
99.    Timah primer merupakan timah yang mengendap pertama kali pada batuan granit, sedangkan timah sekunder adalah timah yang sudah berpindah dari tempat asalnya akibat proses pelapukan dan erosi.
100.Batu bara biasanya digunakan sebagai bahan bakar pemberi tenaga dan bahan mentah cat, obat-obatan, wangi-wangian dan bahan bakar peledak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar