Kelebihan Media Cetak
1. Biasanyarelatiftidakmahal.
2. Fleksibel (lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan
dan surat kabar yang mempublikasikan (apakahlokal, regional ataukahnasional)
berkaitandengankhalayak yang dijadikansasaraniklan).
3. Dapatdinikmatilebih lama.
4. Market coverage yakni surat kaba rmampu
menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
5. Comparison shooping yakni sura tkabar
sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang
atau jasa.
6. Positive consumer attitude yakni aktualitas
informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
7. Repeatable, dapat dibaca berkali-kali
dengan cara menyimpannya.
8. Harganya lebih terjangkau maupun dalam
distribusinya.
9. Lebih mampu menjelaskan hal-hal yang
bersifat kompleks atau rigid.
10. Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti
isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih
spesifik tentang is itulisan.
Kekurangan Media Cetak
1. Dari seg iwaktu media cetak lambat dalam
memberikan informasi. Karena media cetak
tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun scetak.
2. Media cetak hanya dapat berupa tulisan
dan media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakil ikeseluruhan
isi berita.
3. Biaya produksi yang cukup mahal karena
media cetak harus mencetak dan mengirimkannya
sebelum dapat dinikmati masyarakat.
4. Jika sudah lewat hari mudah diabaikan
dan cepat basi yakni Short life span ; meski jangkauannya luas dan missal serta
dapat didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15
menit hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya.
Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
5. Clutter yakni Jika isi dan tataletaknya kacau akan mempengaruhi
pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
6. Limited coverage of certains group
yakni beberapa kelompok tertentu tidak bias dijangkau oleh surat kabar, missal kelompok
masyarakat menengah kebawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.
7. Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya
mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak
lengkap.
8. Media cetaksering kali hanya memuat berita
yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
Kelebihan Media Elektronik
1. Dari segi waktu, media elektronik tergolong
cepat dalam menyebarkan berita kemasyarakat.
2. Media elektronik mempunyai audio
visual yang memudahkan para audiensnya untuk
memahami berita
3. Roman","serif";">Media
elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
4. Dapat menyampaikan berita secara langsung
dari tempat kejadian dan dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa.
5. Memiliki daya penyampaian dan pengaruh
yang kuat karena dapa tmemberikan kombinasi antara suara dengan gambar( yang bergerak
).
6. Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membaca
seperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
7. Dapat dinikmati oleh semau orang, baik itu
yang mengalami keterbelakangan mental.
8. Dalam media radio, daya tembus yang
besar tidak mengenal rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW,
mempunyai kemampuan penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat
mengatasi jarak, ruang dan waktu.
9. Radio dapat diterima dan didengar di
areal tanpa listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik.
10. Radio itu Praktis (portable dapat di bawa kemana-mana)
dan audience selectivity.
11. Mengatasi buta huruf artinya para pendengar
radio tidak dituntut untuk bisa membaca.
Kekurangan
Media Elektronik
2. Waktunya terbatas, Hanya dapat dinikmati
sebentar (pesan berlalu sangat cepat).
3. Khalayak yang selektif (tidak setajam
media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis).
4.
Tidak semua tempat dapat dicapai gelombang penyiaran televise.
5. Alternatif audience dalam pemilihan stasiun
lebih banyak( persaingan yang ketat )
6. Tidak semua orang memiliki pesawat
televisi melihat harganya yang relative mahal.
7. Pada radio, pendenga rsering kurang mendengarkan
secara penuh karena diselingi melakukan pekerjaanlain,
mengalami Noise Faktor (khusus gelombang MW dan SW)
8. Di radio, sulit untuk menyampaikan pesan-pesan
yang kompleks dan tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan
komples (rumit)
Izin ambil bg
BalasHapusEguijuug
BalasHapusSangat bagus dan sangat praktis
BalasHapusAda yang lebih pendek gak?
BalasHapusG
HapusGdbshsvsh
BalasHapusPenulisnya siapa?
BalasHapus